-->

122 Contoh Soal UN/UNBK Biologi SMA/MA Beserta Jawaban Lengkap dengan Pembahasannya

122 Contoh Soal UN/UNBK Biologi SMA/MA Beserta Jawaban Lengkap dengan Pembahasannya - Tulisan soal-soal ujian nasional mata pelajaran biologi ini, admin publish sebagai referensi belajar siswa menengah atas sebelum menghadapi UN 2020 yang sebenarnya di tahun ini. Ada banyak soal biologi yang telah admin publish sebelumnya, diantarnya 130 Soal Latihan +Prediksi UNBK Biologi SMA/MA Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Dimana soal yang ada, diambil dari ujian tahun sebelumnya.

Ada sedikit perbedaan pada tulisan 122 contoh soal UNBK biologi ini, dibandingkan dengan 130 soal prediksi yang telah admin publish, yaitu pada tulisan ini dilengkapi dengan pembahasannya. Tentunya bisa menjadi nilai tambah bagi anda yang saat ini bersiap menghadapi USBN dan juga UNBK. Selain itu, materi soal yang ada diambil dari tahun-tahun sebelumnya dan merupakan soal UN Biologi yang paling sering muncul.

Baca juga: 
Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya
40 Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Lengkap dengan Jawabannya

Oke, langsung saja berikut dibawah ini soal-soal ujian nasional mapel biologi dilengkapi kunci jawaban serta pembahasan dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Berdasarkan diagram sel hewan di bawah ini, organel-organel yang terlibat dalam proses sekresi enzim adalah….

a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 5 – 7
c. 3 – 4 – 6 – 7
d. 2 – 4 – 6 – 7
e. 1 – 4 – 5 – 7
Jawaban: d.
Pembahasan: Proses sekresi enzim diawali dari proses transkripsi mRNA yang terjadi dalam nucleus (7). Selanjutnya, mRNA dengan membawa kode-kode untuk enzim yang akan disintesis, keluar dari nucleus menuju sitoplasma, dalam hal ini ke ribosom (4) yang menempel pada reticulum endoplasma kasar/REK (6), ribosom membantu proses sintesis enzim. Enzim hasil sintesis untuk sementara diangkut ke badan Golgi (2), selanjutnya dengan bantuan vesikel Golgi, enzim-enzim tersebut dikeluarkan melalui membran plasma untuk dikirimkan ke sel/jaringan target.

2. Perhatikan tumbuhan berikut!


Tumbuhan yang termasuk ke dalam division yang sama dengan tumbuhan pada gambar adalah….
a. Sphagnum fibriatum (lumut daun)
b. Marchantia polymorpha (lumut hati)
c. Cycas revolute (pakis haji)
d. Oryza sativa (padi)
e. Azolla pinnata (paku air)
Jawaban: d.
Pembahasan :
Tumbuhan pada gambar adalah jenis (divisio) paku-pakuan (pteridophyta). Tumbuhan ini memiliki ciri terdapat spora di bagian bawah daun serta bentuk daun muda yang menggulung

3. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum. Kedua tanaman ini memiliki…
a. spesies sama, varietas sama
b. spesies beda, varietas sama
c. spesies sama, genus beda
d. genus sama, spesies beda
e. spesies beda, genus beda
Jawaban: d.
Pembahasan:
Tomat dan kentang memiliki genus yang sama yaitu Solanum sedangkan spesiesnya berbeda, untuk tomat ialah Solanum licopersicum dan kentang Solanum tuberosum

4. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber papan adalah….
a. penggunaan kayu jati untuk bahan bangunan
b. penggunaan daun suji sebagai pewarna makanan
c. penggunaan kayu cendana untuk alat rumah tangga oleh masyarakat jawa
d. penggunaan kulit kayu untuk dinding rumah oleh masyarakat Kalimantan
e. penggunaan alang-alang untuk atap
Jawaban: b.
Pembahasan :
Penggunaan daun suji untuk pewarna makanan bukan merupakan manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber papan melainkan sebagai sumber pangan. Keanekaragaman hayati sebagai sumber papan biasanya digunakan oelh masyarakat dalam pembangunan rumah dan lain-lain. Tumbuhan alang-alang banyak dimanfaatkan sebagai atap rumah, khususnya rumah adat bali.

5. Beberapa ciri jasad renik adalah sebagai berikut:
1. Ultramikroskopis
2. Berkembang biak di dalam sel hidup
3. Sel bersifat prokariotik
4. Mempunyai materi genetic RNA atau DNA
5. Memiliki klorofil
Ciri-ciri virus adalah….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
Jawaban: b.
Pembahasan :
Ciri-ciri virus adalah:
- Ukuran sangat kecil < 0,001 (lebih kecil dari bakteri) dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop electron ultramikroskopis
- Hanya dapat hidup/berkembang biak di dalam sel yang hidup
- Bersifat parasite
- Tubuhnya terbungkus selubung dari bahan protein
- Mempunyai materi genetic berupa DNA dan RNA
- Dapat dikristalisasikan dan hanya dapat disaring dengan ultrafilter

6. Perhatikan ciri-ciri organisme berikut:
1) Tubuh tersusun dari sel-sel yang bersifat prokariotik
2) Mmepunyai dinding sel yang tersusun dari zat kitin
3) Memperoleh makanan secara heterotrof
4) Pencernaan berlangsung secara eksternal
5) Tersusun atas benang-benang hifa yang membentuk miselium
Ciri-ciri fungi adalah…
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
Jawaban: d.
Pembahasan :
Ciri-ciri fungi
1. Uniseluler atau multiseluler
2. Dinding sel mengandung kitin
3. Eukariotik
4. Tidak berklorofil
5. Hidup secara heterotrof
6. Jamur multiseluler tersusun atas rangkaian sel-sel yang membentuk benang disebut hifa. Kumpulan hifa membentuk miselium

7. Beberapa ciri kormofita berspora yaitu:
1) berklorofil
2) bentuk daun muda menggulung
3) jenis akar serabut
4) reproduksi vegetative dengan spora
5) memiliki pembuluh aangkut
Faktor yang membedakan antara paku dengan lumut adalah….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 2 dan 5
e. 3 dan 5
Jawaban: d.
Pembahasan :
Kormofita berspora terdiri dari:
a. Tumbuhan lumut (Bryophyta)
Ciri-cirinya:
- tidak mempunyai daun dan batang yang sesungguhnya, organ peresap berupa rizoid (semacam akar)
- tidak mempunyai pembuluh angkut
- berklorofil (zat hijau daun)
- mengalami metagenesis dari generasi gametofit ke generasi sporofit
- generasi gametofit umumnya lebih dominan daripada sporofit
- umumnya hidup di tempat-tempat lembap
b. Tumbuhan paku (Pteridophyta)
Ciri-cirinya:
- mempunyai akar, batang, dan daun yang sesungguhnya
- bentuk daun muda menggulung
- mempunyai ikatan pembuluh angkut yaitu xylem dan floem
- mengalami metagenesis
- generasi sporofit umumnya lebih dominan daripada gameotofit
- berklorofil (zat hijau daun)
- hidupnya di segala tempat (kosmopolit)

8. Cara yang paling efektif untuk memutus daur hidup cacing darah (Schistosoma japonicum) adalah….
a. tidak memakan daging siput setengah matang
b. tidak memakan ikan setengah matang
c. selalu memakai alas kaki
d. menghindarkan diri dari gigitan nyamuk
e. tidak memakan daging setengah matang
Jawaban: a.
Pembahasan :
Cacing dewasa Schistosoma sering ditemukan pada vena, saluran pencernaan, saluran getah bening dan saluran urinary. Larvanya hidup di tubuh siput. Serkarianya masuk ke tubuh hospes bersama air dan dapat menembus kulit.

9. Burung dan ikan hiu merupakan contoh hewan yang mengeluarkan telur pada proses reproduksinya. Pernyataan berikut yang menjelaskan ciri reproduksi burung dan ikan hiu berkaitan dengan sifat telur yang dihasilkan adalah….
a. burung dan ikan hiu bersifat ovipar
b. burung dan ikan hiu bersifat ovovivipar
c. burung bersifat ovipar, ikan hiu bersifat ovovivipar
d. burung bersifat ovovivipar, ikan hiu bersifat ovipar
e. burung bersifat ovipar, ikan hiu bersifat vivipara
Jawaban: c.
Pembahasan:
Dalam reproduksinya, burung bersifat ovipar yaitu bereproduksi dengan cara mengeluarkan telurnya di luar tubuh induk. Sedangkan ikan hiu bersifat ovovivipar yaitu bererproduksi dengan cara bertelur dan ebranak, dengan menghasilkan telur di dalam tubuh induk dan telur tersebut akan menetas di dalam tubuh induknya kemudian keluar dari tubuh induk sebagai anak hiu.

10. Beberapa organisme di alam:
1) Padi 6) Tikus
2) Pepaya 7) Kucing
3) Ayam 8) Serigala
4) Elang 9) Musang
5) Ular 10) Jagung
Rantai makanan yang dapat terjadi adalah….
a. 1 ==> 3 ==> 6 ==> 7
b. 1 ==> 6 ==> 5 ==> 9
c. 2 ==>3 ==> 6 ==> 8
d. 10 ==> 6 ==> 5 ==> 4
e. 10 ==> 6 ==> 7 ==> 4
Jawaban: d.
Pembahasan:
Di dalam suatu ekosistem terjadi peristiwa aliran materi dan energy dari organisme yang satu ke organisme yang lain melalui peristiwa makan dan dimakan atau rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
Berdasarkan tingkattrofik/taraf trofik, rantai makanan dapat dibedakan menjadi:
a. Rantai makanan perumput
Apabila taraf trofik pertama diduduki oleh tumbuhan (produsen)
Contoh : Jagung ==> tikus ==> ular ==> elang
b. Rantai makanan detritus
Apabila taraf trofik pertama diduduki oleh detritus (yaitu bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan/hewan mati yang sudah diuraikan oleh pengurai bakteri atau jamur)
Contoh : Sampah dedaunan ==> cacing tanah ==> ayam ==> elang, dan lain-lain.

11. Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditunjukkan pada variasi-variasi tumbuhan berikut, yaitu….
a. mawar merah – mawar putih
b. mawar berbatang tinggi – melati berbatang tinggi
c. pohon kelapa hijau – pohon aren
d. nenas – sirih
e. buah manga – buah belimbing
Jawaban: a.
Pembahasan :
Keanekaragaman hayati tingkat gen terjadi akibat perkawinan individu-individu dalam satu spesies. Terjadi perbedaan pada komposisi gen. Pilihan yang paling tepat ialah mawar merah dengan mawar putih

12. Perhatikan skema daur biogeokimia dari unsur karbon berikut.

Proses yang terjadi pada X adalah….
a. mati
b. fotosintesis
c. respirasi
d. pengendapan
e. pembakaran
Jawaban: d.
Pembahasan:
Dalam ekosistem terjadi proses makan dan dimakan dan berakhir pada proses penguraian bahan-bahan sisa yang akan mengendap di dalam tanah.

13. Meningkatnya kadar karbon dioksida (CO2) di udara dapat menyebabkan….
a. terbentuknya hujan asam
b. terjadinya efek rumah kaca
c. rusaknya lapisan ozon
d. penurunan suhu udara
e. korosi pada logam
Jawaban: b.
Pembahasan:
Karbon dioksida atau CO2 dalam kadar tertentu (normal 0,03%) memegang peranan yang sangat penting dalam menghangatkan bumi. Tetapi sejak revolusi industry sampai sekarang, kadar CO2 di atmosfer terus meningkat akibat hasil pembakaran bahan bakar minyak bumi. Paparan CO2 dengan kadar lebih dari 10% selama satu menit dapat mengakibatkan gangguan penglihatan, pendengaran, dan pingsan. Di udara CO2 dapat berkondensasi dengan partikel-partikel lain membentuk awan (lapisan) yang mempunyai sifat seperti kaca, yaitu dapat ditembus oleh cahaya tetapi menahan panas. Akibatnya ketika energy matahari sampai ke bumi, dan dipantulkan kembali ke atmosfer akan tertahan oleh lapisan tersebut, sehingga energy tersebut dipantulkan kembali ke bumi. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu secara global di atmosfer bumi dan mengubah pola cuaca di seluruh dunia. Peristiwa ini dikenal dengan efek rumah kaca (Greenhouse effect)
Terbentuknya hujan asam disebabkan oleh meningkatnya kadar SO2 dan NO2 (nitrogen oksida) yang mengakibatkan kematian mikroorganisme tanah dan air, kematian hewan dan tumbuhan, peningkatan pH serta mempercepat proses korosi.
Rusaknya lapisan ozon (O3) disebabkan oleh polutan CFC5 (Chloro Fluoro Carbon). Gas CFC5 sukar terurai dan jika masuk ke atmosfer bumi, akan mampu mengikat lapisan ozon, sehingga merusak lapisan ozon yang berakibat menurunnya kapasitas perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet dan juga berperan dalam menaikkan suhu udara di atmosfer bumi.

14. Koloni rayap yang bermacam-macam individu masing-masing mempunyai tugas tertentu. Di alam, koloni rayap tersebut merupakan organisasi tingkat….
a. bioma
b. individu
c. populasi
d. ekosistem
e. komunitas
Jawaban: c.
Pembahasan:
Tingkat Organisasi:
a. Bioma adalah kumpulan spesies yang mendiami tempat tertentu di bumi yang dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan dan langsung terlihat jelas di tempat tertentu
b. Individu merupakan satu organisme yang tubuhnya tersusun oleh berbagai sistem organ yang saling berhubungan
c. Populasi adalah kumpulan dari individu sejenis yang secara bersama menempati suatu habitat
d. Ekosistem adalah interaksi antara tingkatan organisasi kehidupan yang mencakup organisme dan lingkungannya
e. Komunitas adalah kumpulan populasi yang berbeda tinggal bersama pada suatu areal tertentu dimana terjadi suatu bentuk hubungan atau interaksi

15. Perhatikan gambar siklus hidup tumbuhan Gymnospermae berikut.


Dalam siklus hidup tumbuhan ini, gamet ditunjukkan oleh bagian….
a. X
b. Y
c. Z
d. X dan Y
e. Y dan Z
Jawaban: e.
Pembahasan :
X : Ketika megaspore terbentuk
Y : Pembentukan sel telur dan serbuk sari yang berkecambah
Z : Peleburan inti sel telur dan inti sperma

Lanjut ke soal nomor 16-30 ==> 122 Contoh Soal UN/UNBK Biologi SMA/MA Beserta Jawaban Lengkap dengan Pembahasannya Part2

Previous
Next Post »